Share

Selasa, 20 Desember 2011

OBAT ALAMI UNTUK ATASI FLU

Dimusim Musim pancaroba seperti Akhir tahun seperti ini , banyak juga yang terjangkit penyakit. Salah satu penyakit yang cukup mengganggu adalah radang tenggorokan. Demam, tubuh lemas hingga gatal di tenggorokan memang bisa menjadi pengganggu aktivitas Anda. Coba satu dari ramuan alami untuk mengatasi keluhan kesehatan ini.   

1. Bawang putihKeluhan: tenggorokan mulai terasa gatal.

Ramuan: umbi satu ini dikenal dengan khasiatnya yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau sebagai antimicrobial (zat pelawan virus) dan punya kualitas antibakteri, menurut Michael Finkelstein, pakar holistik dari Westchester County, New York, AS. Jadi, bawang bisa membantu tubuh menyembuhkan infeksi yang menyebabkan tenggorokan gatal sekaligus melawan kuman yang menyebabkan rasa nyeri dan iritasi pada tenggorokan.

Kandungan nutrisi yang berkhasiat sebagai obat adalah allicin, yang keluar bawang putih mentah yang dipotong, diremukkan, dan dikunyah. Finkelstein menyarankan untuk masukkan 1-2 siung bawang ke dalam microwave selama 10 - 15 detik untuk mengurangi aroma dan rasa tajam dari bawang putih. Lalu, remukkan bawang dan santap sebagai isi dari biskuit (cracker). Konsumsi ramuan ini sekali sehari.

2. Air garam hangatKeluhan: tenggorokan sangat gatal, dan suara mulai serak

Ramuan: “Solusi ini bisa menyejukkan dan membunuh bakteri di tenggorokan," kata Grace Keenan, M.D., direktur Nova Medical Group, Ashburn, Virginia. “Dan, ramuan ini bisa meningkatkan aliran darah untuk membawa sel yang melawan infeksi untuk mempercepat kesembuah.”

Campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan ramuan ini untuk berkumur, dan lakukan sekali 1-2 per hari.

3. Teh herbal Keluhan: rasa nyeri dan gatal di tenggorokan terus dialami sepanjang hari.

Ramuan: tumbuhan herbal memang bermanfaat Herbal sebagai pembangkit imunitas, seperti akar goldenseal atau echinacea. Kadungan licorice di dalamnya bisa menjadi antiviral dan antibakteri. Coba seduh teh herbal dengan air hangat dalam cangkir. Minumlah selagi hangat. Anda bisa mengonsumsi ramuan ini sebanyak yang Anda suka. • Sumber VIVAnews

0 komentar:

Poskan Komentar