Share

Minggu, 24 April 2011

APA ITU TAEBO

Saya ingin lebih jauh mengetahui tentang Taebo setelah membacanya sekilas dimajalah kesehatan. Lalu saya mencari tau lebih lanjut, mulai dari mendownload video nya di youtube kemudian mencari tahu di mbah google.

APA ITU TAEBO ?

Total Awareness Excellent Body Obedience (kesadaran tubuh untuk patuh sepenuhnya) atau disingkat TAEBO merupakan latihan yang menggunakan komposisi musik energik dan kombinasi dari seni bela diri, tinju dan tari yang memerlukan kekuatan, daya tahan dan fokus


Tae Bo disebut juga Cardio Kickboxing karena perpaduan kickboxing dengan house music. Sangat Berbeda dengan yoga atau latihan seni pernapasan yang membutuhkan ketenangan, dengan iringan musiknya berirama pelan serta menghanyutkan.

Gerakan senam Taebo ini mirip kickboxing. Bedanya, latihan ini tidak memerlukan lawan main dan juga tidak perlu kontak fisik sehingga latihan ini bisa dilakukan seorang diri tanpa memerlukan orang lain. 

Selain sangat efektif membakar lemak, latihan ini juga memberi manfaat psikologis. Taebo bisa dimanfaatkan sebagai sarana pelepas emosi. Misalnya, saat melakukan gerakan meninju atau menendang, seseorang bisa membayangkan seolah-olah meninju atau menendang orang yang menjengkelkan

Latihan Taebo ini pada dasarnya adalah pembakaran lemak. Dengan Taebo, lemak dibakar sekaligus menyalurkan emosi. Taebo bisa dimanfaatkan orang yang mengangap olahraga menjemukan. Taebo merupakan alternatif sarana latihan perpaduan gerakan olahraga dan emosi, cocok dilakukan orang yang memiliki temperamen tinggi dan labil agar bisa lebih mudah mengendalikan emosinya.
 

APA MANFAAT TAEBO ?

Hasil latihan Taebo bisa dirasakan jika sudah berlatih tiga bulan berturut-turut. Biasanya untuk pemula dilakukan dengan durasi waktu 30 hingga 40menit per hari. Namun untuk tingkat yang lebih tinggi bisa dilakukan hingga 1 jam atau lebih, tergantung kemampuan fisiknya. 
Manfaat yang dirasakan 
  1. Tubuh akan menjadi lebih rileks, tenang, cekatan
  2. Pikiran lebih fresh (segar).
  3. Bentuk tubuh akan menjadi lebih bagus. 
  4. Taebo membakar lemak 
  5. Jika sudah selesai mengikuti pelatihan ini, member bisa melakukannya sendiri tanpa didampingi instruktur.

Tak ada larangan mengkonsumsi jenis makanan pun saat menjalani latihan Taebo. Latihan ini juga bisa dilakukan semua umur karena mudah dipelajari. Taebo memberikan pengalaman yang penuh intensitas dan menantang, baik secara fisik, jiwa dan tubuh.

SIAPA BILLY BLANK ?



Ketika saya mengunduh TAEBO di Youtube, lagi-lagi yang saya temukan adalah video latihan Billy Blank. Tadinya saya tidak terlalu tertarik mengunduhnya, namun setelah saya mencoba mengikuti video latihannya Billy saya malah bersemangat , karena yang saya liat, ada yang berbeda dari video latihannya Billy Blank dan ternyata prinsip latihan TAEBO Billy Blank memang bukan hanya melulu mengajarkan gerakan-gerakan latihan namun juga mengacu pada berbagai disiplin ilmu yang berbeda dan hasil latihannya bertujuan meningkatkan energi, koordinasi dan keseimbangan yang lebih baik, kekuatan yang lebih besar, peningkatan kelincahan dan peningkatan percaya diri.


Billy Blank dikenal karena kemampuannya untuk memotivasi, menginspirasi dan membantu jutaan orang di seluruh dunia untuk mendapatkan bentuk tubuh dan juga merasa besar, karena latihannya bertujuan mengeluarkan kemampuan seseorang yang masih terpendam. Billy adalah pencipta Tae Bo yang mendobrak sistem kebugaran tubuh total dan merevolusi dunia kebugaran.

Blank mulai belajar tentang seni bela diri pada umur 11 tahun dan praktek Karate dan Taekwondo. Ia dilahirkan dengan anomali di sendi pinggul bahwa gerakannya terganggu dan canggung.
Billy mendapat ejekan dari saudaranya dan pelatih nya pun percaya bahwa dia tidak akan pernah mencapai banyak.
Namun Billy tidak putus harapan, ketika dia melihat seni bela diri Bruce Lee di TV, ia memutuskan ia ingin menjadi Juara seni bela diri Dunia.
ia segera mulai mendapatkan penguasaan olahraga dan penguasaan dirinya sendiri.  

Pada tahun 1975 ia menjadi Amateur Athletic Union pertama Champion, selama lima kali. Billy juga meraih  tujuh gelar sabuk hitam Tae Kwon Do, memperoleh sabuk hitam dalam lima bentuk lain dari seni bela diri, Juara dunia tujuh kali karate, kapten tim AS karate, memenangkan 36 medali emas dalam kompetisi internasional dan mendapat masuk ke Karate Hall of Fame pada tahun 1982.

Billy meraih prestasi luar biasa sebagai juara dunia karate, aktor, penulis, motivator, dermawan dan kemanusiaan terus mendapatkan dia pujian.


Pada akhir 1980-an, Billy  menemukan Latihan Tae Bo , saat menjalankan sebuah studio karate di Quincy, Massachusetts
Dia menggunakan komponen seni bela diri dan pelatihan tinju.lalu membuka pusat kebugaran di Los Angeles. Dia kemudian menarik klien beberapa selebriti seperti Paula Abdul dan popularitas latihannya tumbuh cepat , menjadi fenomena setelah Billy mulai merilis massa-video dipasarkan. 
 
Billy telah berpengalaman lebih dari 40 tahun dalam seni bela diri dan dengan latihan terbesar yang membawa kita kepada latihan yang paling inovatif sampai saat ini



Anda mungkin melihat gerakan cepat mondar-mandir menendang dan meninju yang disampaikan oleh Billy Blank dan murid-muridnya di http://www.youtube.com/watch, Latihan yang terbaik adalah lakukan secara perlahan dimulai dengan latihan dasar DVD untuk belajar bagaimana untuk menendang dan meninju dengan benar sebelum pindah ke latihan yang lebih maju.
Tekankan pada belajar gerak yang benar untuk mencegah cedera, hentikan rekaman secara periodik untuk melakukan bergerak perlahan-lahan sambil mengamati geralam yang tepat dengan menggunakan cermin. Hal ini dapat membantu untuk mencegah cedera saat latihan Setelah otot Anda menyesuaikan dan Anda dapat melakukan gerakan mulus, perlahan-lahan lanjutkan ke latihan yang lebih maju.


Latihan Tae Bo bisa membakar kalori sekitar empat puluh persen lebih dari rutin aerobik tradisional dan memberikan manfaat tambahan dari membangun kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, dan fokus mental.  Meskipun bukan untuk pemula, ini merupakan cara terbaik untuk membangun hati kuat serta tubuh yang lebih baik.  
Billy Tae Bo menggabungkan latihan karate, tinju, dan bergerak balet menjadi rutinitas yang serba cepat yang mendapat tubuh bergerak dan memompa jantung . Ini adalah kombinasi unik dari latihan kardiovaskular dan kekuatan yang kontinu. Dikatakan bahwa latihan Kosong Tae Bo tidak hanya memberikan latihan kardiovaskuler efektif, tetapi juga mengembangkan keseimbangan, kekuatan, dan fleksibilitas. Selain itu, ia menawarkan manfaat mental dengan mempromosikan kesadaran diri dan fokus.
Yang saya suka adalah Billy terus menerus mengingatkan peserta untuk "menggerakkan tubuh dengan jiwa".  Blank sering mengilustrasikan pada video bagaimana pergerakan dapat digunakan dalam pertahanan diri.  Ini adalah latihan yang lengkap bagi pikiran, tubuh, dan jiwa.


TETAP BERHATI - HATI, JANGAN TERLALU BERSEMANGAT




Meskipun Tae Bo Blank menyediakan berbagai latihan dan banyak manfaat, bagi yang berolahraga pertama kalinya lakukan dengan kunci yang lebih rendah dalam menendang dan meninju, terutama tendangan, Jika terlalu kuat dan agresif dari awal  dapat mengakibatkan ketegangan otot yang signifikan, terutama jika teknik yang salah digunakan.
Latihan yang berdampak tinggi, akan memberikan stress yang lebih pada otot dan sendi dari rutinitas kunci rendah, meskipun mereka membakar kalori secara signifikan lebih dari aerobik tradisional. Gerakan dampak tinggi juga dapat membantu untuk membangun tulang kuat.


0 komentar:

Poskan Komentar