Share

Sabtu, 09 April 2011

MEMBERI NAMA PADA ANAK

William shakespear " Apalah arti sebuah nama ? Sekuntum mawar tetaplah harum walau dengan nama lain sekalipun "

Saya  tidak berani menyalahkan pendapat tersebut, walau ada juga ahli yang mengatakan " Shakespear salah !! sekuntum mawar dengan nama lain tidak akan seharum yang semestinya. Itulah sebabnya satu-satunya keputusan penting dalam memasarkan parfum, pemilihan nama " Al Ries & Jack Trout
Menurut saya sih,
namanya juga pendapat, ya biarkan saja shakespeare mau berpendapat nama itu ga penting, atau Al Ries & Jack Trout berpendapat sebaliknya. Toh, walaupun berbeda pendapat, tidak akan merubah keadaan bahwa  William shakespear tetaplah salah satu sastrawan terbesar Inggris,  yang telah menulis sekitar 38 sandiwara tragedi, komedi, sejarah, 154 sonata, 2 puisi naratif, dan puisi-puisi lain dari tahun 1585 sampai 1613 dan  telah diterjemahkan di hampir semua bahasa hidup di dunia dan dipentaskan di panggung lebih daripada semua penulis sandiwara yang lain.. Ya toh ?!?
dan tetap saja Al Ries & Jack Trout adalah ahli hukum dan strategi marketing yang terkenal dikalangan pengusaha..
Tapi yang saya tau pasti..
Semua orang tua bingung memilih nama untuk bayinya yang baru lahir ha ha ha
Pasti anda tidak protes dengan pernyataan saya barusan.

Dulu, nama - nama seperti Asep, Agus, Sri, Bambang  menjadi pilihan favorit orang tua, 
Sekarang, nama-nama seperti Jessica, Ruddy, Chintia, Michael mulai menjadi favorit
Tujuannya? pastinya agar tampak lebih keren, modern, tidak jadul, up 2 date dst..
Ada Orangtua yang pingin nama anak nya singkat dan padat, seperti nama murid saya, cukup  " Basuni" atau "Jaelani" saja. Hal ini kadang bisa menjadi kesulitan nantinya, misal saat mengurus paspor atau visa, karena namanya hanya terdiri dari satu kata..
tapi ada juga orang tua yang memberi nama anaknya panjang sekali, Citra Manggarani indah Putra Santosa.
Nah jadilah pada saat ujian nasional, Citra masih sibuk memghitam-hitamkan lingkaran pada kolom nama, sementara temannya sudah mulai membaca soal ujian.
Ada juga yang kreatif ingin memberi agar tampak beda dengan yang lain, sehingga nama Riki, ditulis dalam akte kelahiran " Ricky " . Lafal sama, tetapi tulisan berbeda. hal ini bisa menyulitkan saat pembuatan Kartu Keluarga, KTP, atau kartu identitas yang lainnya. Sudah banyak kejadian orang nya sama , tapi di kartu identitas nama yang tertulis berbeda-beda.

Pilihan huruf pertama pun kadang jadi pertimbangan, misal nya dimulai dengan huruf "T" ..Tita Rahmawati, maka bersiap-siaplah menunggu lama untuk dipanggil saat ujian lisan. Saat teman-temannya sudah lega karena sudah selesai Ujian lisannya, Tita masih deg-degan tegang, menunggu namanya dipanggil..Pada saat pembagian raport pun Tita dipanggil belakangan..

Sesungguhnya pemberian nama adalah doa orang tua, yang akan disandang anak insya Allah, seumur hidupnya.. alangkah baiknya jika memberi nama yang bermakna, sesuai dengan doa dan harapan orang tua pada anaknya kelak.. namun jangan juga terlalu berat, karena bisa menjadi beban moril bagi anak




Sumberinspirasi
10Jurus Terlarang,Ippho"Right"S
KOmpas KLasika, 10April2011

0 komentar:

Poskan Komentar