Share

Minggu, 03 April 2011

BELAJAR BERBICARA DENGAN ALAM BAWAH SADAR

Saya sempat membaca artikel yang sangat sangat sangat bermanfaat menurut saya, tentang Bagaimana berbicara dengan alam bawah sadar..

Kenapa menurut saya sangat bermanfaat ? Karena kebanyakan dari kita selalu berfikir bahwa alam sadar sangat menentukan akan seperti apa hidup kita. kita di beritahu bahwa jika kita selalu bekerja keras , maka kita bisa mencapai apapun.
Dipandang dari segi agama itu benar, Karena Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali jika kaum itu mau berusaha. Namun tidak hanya itu saja, Tidak cukup hanya bekerja keras. karena jika hanya itu, maka semua orang yang bekerja keras pasti akan sukses, punya rumah yang bagus, keluarga dan teman yang menyenangkan, dan selalu punya cukup uang.
Padahal kita liat sendiri realita nya, seorang guru yang telah mengabdi puluhan tahun di pinggiran Jakarta, usai mengajar masih harus bekerja sebagai pemulung untuk bisa membiayai sekolah ke tiga anaknya, kita liat juga kuli bangunan yang bekerja keras di bawah teriknya matahari dari pagi hingga sore, bahkan disaat bulan puasa, tetap saja belum bisa hidup serba berkecukupan.

Jadi apa yang salah dengan bekerja keras ?


tidak ada yang salah, namun ini menunjukkan bahwa bukan alam sadar kita  yang semata-mata menentukan akan seperti apa hidup kita... melainkan apa yang berada di alam bawah sadar

KO bisa begitu ?
Karena alam sadar hanya menggunakan sedikit saja dari kemampuan otak, yaitu hanya  2% dari saja.
... apa itu artinya? Itu artinya... kita masih mempunyai begitu banyak kesempatan untuk menambah kemampuan otak kita. Masih ada 98% kemampuan otak kita yang sama sekali belum terjamah, terambah, dan terasah.Hmm .. bayangkan itu,.
Buat saya hal itu memberi sebuah harapan baru, untuk memperbaiki jalan hidup. Saya Jadi sangat ingin menemukan potensi saya yang masih tersembunyi, Jadi ingin memanfaatkan semua anugrah yang telah diberikan oleh sang Pencipta.

LAlu bagaimana caranya menggali dan memanfaatkan potensi yang telah Allah anugerahkan pada kita?
Langkah awal kita harus mempelajari bagaimana alam bawah sadar bekerja sehingga kita bisa menggunakannya dengan benar.

Bagaimana alam bawah sadar bekerja dan bagaimana mengatakan affirmasi dengan benar

Kita adalah produk dari pikiran kita sendiri.
Apa yang kita katakan pada alam bawah sadar adalah apa yang di percayainya. Kita bisa memprogramnya untuk memberikan semua yang anda inginkan, namun kita musti tahu cara "berbicara" padanya.
Mengucapkan affirmasi untuk memprogram alam bawah sadar anda adalah cara yang paling umum untuk melatihnya. Tapi affirmasi harus di nyatakan dengan benar, jadi,kita perlu mengetahui bagaimana cara alam bawah sadar berpikir untuk bisa menggunakannya dengan benar. 

1. Alam bawah sadar kita hanya berpikir masa kini.

Pertama, Alam bawah sadar tidak memikirkan masa lalu atau masa depan seperti yang di lakukan oleh alam sadar.
Jadi, saat mengatakan affirmasi untuk mendapat sesuatu yang kita inginkan, katakan...
"Aku sekarang.. " atau "Aku punya..." 
bukan "Aku akan," atau "Aku akan memiliki."
Contoh affirmasi kekinian :
Aku adalah salesman komputer terhebat yang pernah ada"
bukan "Suatu hari nanti Aku akan menjadi salesman komputer terhebat yang pernah ada."

Yang kedua, beri contoh secara detail gambaran dari sesuatu yang kita harapkan akan terjadi.
Namun karena Alam bawah sadar hanya memberikan apa yang dia lihat. Kunci untuk mengecohnya agar memberikan apa yang kita inginkan adalah dengan memberi tahu alam bawah sadar bahwa saat ini kita telah memilikinya. 

Alam bawah sadar tidak tahu perbedaan antara mana yang real dan mana yang imajinasi.
Alam bawah sadar anda percaya bahwa gambaran itu sedang terjadi. Padahal kita hanya membayangkannya. Tapi alam bawah sadar anda tidak tahu bedanya.

Bayangkan semua affirmasi yang kita ucapkan, sehingga mengecoh alam bawah sadar untuk percaya dengan memvisualisasikan seluruh skenario affirmasi secara detail. Lihat, rasakan, dengarkan semua affirmasi kita telah terjadi dan terwujud.
Rasakan semua emosi yang akan kita rasakan jika hal-hal yang kita affirmasikan benar-benar terjadi. Rasakan Perasaan bahagia saat kita sungguh-sungguh mendapatkannya.

Jika kita mengatakan bahwa saya akan memilikinya atau mendapatkannya di masa depan, maka alam bawah sadar anda akan melihat anda saat ini tidak memilikinya, dan itulah yang akan di berikannya pada anda... alias tidak ada, nol. 

2. Alam bawah sadar belajar dengan perulangan

Saat kita mempelajari skill baru, kita harus banyak melatihnya.
Begitu juga Saat kita baru mempelajari cara untuk memanfaatkan kekuatan dari alam bawah sadar, kita harus berlatih menggunakannya berulang-ulang.

Saat mengatakan affirmasi untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, kita tidak bisa hanya mengatakannya satu kali dan berharap itu akan berhasil.
Kita harus mengatakannya berulang-ulang sampai alam bawah sadar anda bertindak atas dasar itu. , Tapi sama seperti semua skill lain, semakin sering menggunakan alam bawah sadar untuk mendapat apa yang anda inginkan, semakin mudah itu akan bekerja.

Dr. Joseph Murphy dalam buku klasiknya, "The Power of Your Subconscious Mind” mengatakan terlalu banyak usaha bisa menghambat hasil.
JIka kita ingin menggunakan affirmasi untuk kekayaan, kesuksesan, dan pasangan jiwa atau menarik hal-hal lain yang diinginkan, cobalah untuk melakukan 15 s/d 20 menit sesi affirmasi di ikuti dengan relaksasi.
Kita melakukan affirmasi berulang-ulang selama waktu tersebut, kemudian jangan memikirkannya lagi sepanjang hari.

Jangan mengkhawatirkan tentang alasan kita melakukan affirmasi... misalnya karena merasa tidak sukses, tidak punya uang, tidak punya pasangan. Itu akan menghapus apa yang ingin anda capai melalui affirmasi.
Jika kita mulai merasa khawatir, dengan bertanya pada diri sendiri... "wah, kapan ya aku akan mendapatkan apa yang aku inginkan," itu sama dengan melemahkan kekuatan diri sendiri. Itu akan memberi tahu alam bawah sadar bahwa kita belum memiliki apa yang anda affirmasikan, dan itu membuat kita jadi mulai meragukan kekuatan yang anda miliki.

Todd Wassler dalam bukunya "How to Talk to Your Subconcious Mind" mengatakan 
" Saya biasa melakukan sesi affirmasi selama 15 menit di pagi hari yang di ikuti dengan relaksasi, hanya satu kali sehari, lalu tidak memikirkannya lagi sepanjang hari, dan saya bisa melihat hasilnya hanya dalam beberapa hari.
Akankah itu terjadi pada anda. Saya tidak bisa menjamin. Tapi semakin sering anda menggunakan kekuatan anda untuk berbagai situasi, maka semakin cepat anda akan melihat hasilnya.
Tapi, saat anda ingin menggunakan alam bawah sadar untuk menghilangkan sesuatu, katakanlah penyakit misalnya kanker... saya rasa semakin sering anda melakukan affirmasi semakin baik. Lakukan beberapa kali sesi affirmasi setiap hari untuk mengekspresikan kenikmatan yang akan anda dapat ketika mendapat kesembuhan.
Ucapkan baris-baris affirmasi saat menjalani hari, dan cobalah sesering mungkin untuk tetap merasa bahagia di dalam pikiran, seolah-olah anda benar-benar sudah sembuh."

Jadi aturan dasarnya... gunakan alam bawah sadar untuk menarik berbagai hal, lakukan satu sesi affirmasi di pagi hari selama 15 sampai 20 menit yang di ikuti dengan relaksasi, kemudian lupakan untuk sepanjang hari, jangan biarkan pikiran negatif kembali merasuk ke dalam pikiran kita.
Jika kita tidak merasakan hasil apapun setelah 2 minggu, kita bisa mencoba menambahkan sesi affirmasi di malam hari.
Tapi saat Kita menggunakan kekuatan pikiran alam bawah sadar untuk menghilangkan sesuatu yang mengancam misalnya penyakit, maka ucapkan affirmasi sesering mungkin.
 
3. Alam bawah sadar anda berpikir dalam kondisi yang tak terbatas atau absolut, tidak dalam keterbatasan atau partial.

Alam Bawah Sadar tidak akan pernah mempertanyakan ide affirmasi. 
Coba perhatikan contoh kalimat affirmasi berikut

"Setiap kali aku menelpon calon pembeli berakhir dengan sebuah penjualan dari kunjungan pertama yang aku lakukan."

Adalah tidak rasional untuk berpikir bahwa saya akan mendapat penjualan SETIAP KALI melakukan kunjungan pertama. SETIAP KALI? Tentu saja itu tidak mungkin. Sebab, kita ini hanyalah manusia biasa. Tapi alam bawah sadar yang tidak akan berpikir... "Wow, kamu ingin menghasilkan penjualan SETIAP KALI melakukan kunjungan pertama? Waduh, itu benar-benar pemintaan yang berat. Saya ragu bisa melakukannya untuk mu... kalau sekali-sekali atau seringkali... itu mungkin, tapi SETIAP KALI?"

Ingat bahwa alam bawah sadar kita tidak pernah mempertanyakan apa yang ada katakan, jadi jangan mengeset target yang rendah. Tentukan target yang tinggi. Tempatkan setinggi mungkin, hanya langit yang jadi pembatas, lakukan dengan penuh semangat, berpikirlah sebesar mungkin.

Jika kita mengaffirmasikan bahwa "saya akan mendapat penjualan pada SETIAP kunjungan pertama"
maka alam bawah sadar hanya akan memikirkannya dalam kondisi yang tak terbatas atau absolute, bukan dalam keterbatasan atau kondisi-kondisi tertentu.
maka 50 - 60% kemungkinan saya akan benar-benar melakukan itu.
Bagi seorang marketing, itu sudah hebat, tingkat konversi yang hampir belum pernah terdengar.
Jika sebelum menggunakan affirmasi dia tidak mampu menjual kepada 50 - 60% dari prospek, berarti dia telah mendapat hasil yang lebih banyak di banding jika tidak menggunakan kekuatan affirmasi.

Jika kita mengaffirmasikan bahwa "saya seringkali (bukan setiap kali) akan menghasilkan penjualan pada kunjungan pertama", maka saya akan mengurangi hasil yang kita dapat.
Jika kita hanya setengah (parsial) percaya, maka kita sama sekali tidak mendapat hasil karena 50% dari waktu anda akan merasa ragu bahwa itu bisa berhasil. Keraguan akan mengurangi usaha anda.

Sekali lagi, alam bawah sadar kita hanya berpikir secara mutlak, bukan setengah-setengah.

Saat kita mengaffirmasikan sesuatu, affirmasikan itu sebagai sesuatu yang SELALU benar, bukan sesuatu yang SERINGKALI benar. Anda harus selalu percaya 100% untuk menguasainya.

Ingat ini baik-baik saat mencoba untuk mencapai target apapun. jangan pernah membiarkan keraguan merasuk ke dalam pikiran atau meragukan kekuatan kita.
Sama seperti atlit yang melatih tubuh mereka, kita juga sedang melatih pikiran kita.
Butuh usaha secara sadar saat pertama, sampai itu menjadi sebuah kebiasaan.

Ok. mudah-mudahan ini sudah cukup untuk memberikan kita petunjuk mengenai cara menggunakan kekuatan pikiran untuk mendapat apapun yang kita inginkan.
Kita bisa menggunakan contoh affirmasi seorang salesman komputer di bawah ini sebagai model lalu  sesuaikannya dengan situasi kita. Misalnya menarik kekayaan atau pasangan jiwa, mendapat pekerjaan, menyembuhkan atau mencegah penyakit, menghilangkan rasa takut atau phobia. Kita hanya perlu mengubah kata-katanya agar sesuai dengan situasi anda.

"Aku adalah salesman komputer terhebat yang pernah ada.
Setiap kali aku menelpon prospek berakhir dengan sebuah penjualan dari kunjungan pertama yang aku lakukan. Prospek tidak pernah berpikir tentang tawaranku selama berhari-hari atau mendengarkan presentasi dari salesman komputer perusahaan lain jadi aku tidak pernah harus mengunjungi prospek ke dua kalinya untuk mendapat penjualan. Setiap prospek bersemangat untuk membeli komputer kami pada kunjungan pertama.
Aku mampu untuk meyakinkan prospek dengan begitu mudah bahwa mereka mendapat transaksi yang bagus dan mereka merasa sangat senang dengan komputer kami karena mereka bisa segera tahu bahwa komputer dan layanan yang ku berikan akan membantu mereka dalam pekerjaan, dan akan membuat perusahaan mereka lebih menguntungkan. Setiap prospek bisa segera melihat bahwa komputer kami bisa membantu mereka melayani klien jauh lebih cepat dan bisnis mereka akan meningkat.
Saat aku bertemu dengan seorang prospek, aku selalu mencerminkan tingkah laku mereka, dan mereka merasa senang dengan ku karena mereka bisa tahu bahwa aku sama seperti mereka, dan mereka mempercayai ku. Mereka bisa benar-benar tahu bahwa aku mencoba untuk membantu mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.
Aku senang menjadi salesman karena aku membuat pekerjaan klien menjadi lebih mudah dan membantu perusahaan mereka menjadi lebih produktif dan menguntungkan. Senang rasanya mendengar dari klien tentang bagaimana bisnis mereka benar-benar meningkat sejak mereka menjadi klien ku. Dan saat mereka menelpon ku dengan pertanyaan atau keperluan, itu membuat ku sangat senang karena bisa melayani mereka."

Sumber :
www.scribd.com › Books - Non-fictionSelf-Help
http://belajar-yok.blogspot.com/2010/08/bagaimana-cara-berbicara-pada-alam_30.html

0 komentar:

Poskan Komentar