Share

Senin, 04 April 2011

MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI SEDINI MUNGKIN



Mengapa Penting Membangun rasa percaya diri sedini mungkin ??

Jika kita melihat disekeliling kita, tampaknya memang orang-orang berjalan dengan percaya diri. Padahal belum tentu yang  seperti terlihat.

Ketika kita melihat orang yang mempunyai prilaku sombong, sebetulnya ia sedang selalu merasa kekurangan.Ketika ada orang yang berperilaku sering menyakiti atau merendahkan orang lain dengan kata-kata atau perbuatan, sesungguhnya orang tersebut sedang menutupi kelemahan dirinya, agar tampak hebat. Ketika selalu bersikap curiga dan tidak mau belajar percaya kepada orang lain, sesungguhnya dia dalam kondisi yang tidak bisa mempercayai dirinya sendiri, dia dalam kondisi kepercayaan diri yang sangat lemah.

Jadi, perilaku-perilaku negative sesungguhnya timbul dari rasa kekurangan, merasa tidak punya kelebihan dan ingin menutupi kelemahan dirinya.


Hal ini dimulai ketika seseorang mulai beranjak dewasa, ketika ia mulai lepas dari dunia polos anak-anak yang penuh keceriaan dan bebas prasangka.Disini tonggak penting seseorang untuk bisa menancapkan jati dirinya dengan kokoh, yang musti dibarengi dengan iman yang kuat pula. Keduanya musti berjalan seiringan.

Jika hal ini tidak dilakukan sedini mungkin, besar kemungkinan perilaku negative lah yang akan timbul.

Berikut beberapa Tips-tips untuk Membangun Rasa Percaya Diri :

http://wownita.blogspot.com/2011/01/aktivitas-untuk-membangun-rasa-percaya.html

  • Katakan hal-hal positif pada diri sendiri. Jika kamu melakukan sesuatu berulang-ulang, maka kamu akan mulai mempercayainya. Berpikir positif membuat mu percaya pada potensi mu. Aktivitas ini bukan bertujuan untuk menanamkan kepercayaan-kepercayaan yang palsu, melainkan untuk mengingatkan mu mengenai kualitas-kualitas yang kamu miliki.
  • Mulailah membuat diary atau jurnal untuk merekam aktivitas harian mu. Begitu kamu mulai mengekspresikan diri melalui tulisan, kamu akan kaget dengan jumlah kualitas yang kamu miliki. Kamu akan menemukan jati diri mu.
  • Tuliskan target yang ingin kamu capai dalam hidup. Manusia cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih terhadap kata-kata yang tertulis. Kata-kata ini akan mendekatkan mu ke arah target yang ingin dicapai.
  • Terima diri mu apa adanya. Meskipun kamu ingin memperbaiki kekurangan mu, langkah pertamanya adalah dengan menerima diri sendiri.
  • Hadapilah ketakutan mu. Ini kedengarannya memang sulit, tapi ini mungkin adalah solusi terbaik untuk membangun rasa percaya diri.
  • Bertanggung jawablah secara penuh atas semua tindakan mu. Ma'afkan diri mu jika berbuat salah dan berhentilah mengkritik diri sendiri atas kegagalan yang dialami.
  • Berbuat baiklah terhadap orang-orang disekitar. Selalulah perlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan oleh mereka.
  • Jika kamu bersama teman-teman yang baik, maka energi positif akan mengelilingi mu.
  • Tidak peduli betapapun sibuknya diri mu, cobalah untuk menyatu dengan alam. Udara yang segar, pemandangan yang indah, suasana yang tenang, adalah kekuatan yang besar bagi penyembuhan.
  • Ubah dirimu untuk menyesuaikan situasi. Adaptasi adalah sifat yang positif.
  • Pertahankan kebugaran tubuh dan pikiran. Lakukan olahraga dan meditasi setiap hari, kamu akan takjub dengan efeknya bagi kesehatan mu.
  • Belajarlah untuk menikmati hidup mu. Bersenang-senang adalah aktivitas penghilang stress sekaligus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh mu.
Dari semua tips diatas, dari pengalaman saya yang terpenting dan yang utama sebenarnya bisa dimulai dengan langkah yang sangat sederhana namun berdampak luar biasa , yaitu " Menerima diri apa ada nya "
Itu saja ? iya itu saja. cukup itu dulu yang kita harus lakukan. Maka yang lainnya gampang menyusul, dan bisa dengan mudah dipelajari.

Setelah kita bisa berdamai dengan diri sendiri, menerima segala kekurangan dan juga kelebihan kita, maka hati kita akan terasa nyaman dan damai.
Kita menjadi pribadi yang tidak suka iri dengan kelebihan orang lain, malah merasa ikut berbahagia dan bersyukur
Selalu berhati-hati dalam kata-kata dan perbuatan agar Tidak menyakiti orang lain, karena kita menganggap diri kita sebagai tolak ukur dalam bersikap. Jika tidak ingin disakiti ya jangan menyakiti orang lain.
Tidak perlu merasa menyombongkan kelebihan diri, karena kita berusaha sebaik-baiknya bukan karena ingin dipuji manusia tetapi karena niat ibadah Lillahi Ta'ala
dan sederet perilaku positive lainnya akan timbul dengan sendirinya ketika kita sudah bisa berdamai dengan diri sendiri, menerima diri apa adanya dan mensyukurinya.

0 komentar:

Poskan Komentar